Jokowi: 96 Negara Kini Sudah Jadi Pasien IMF

Jokowi: 96 Negara Kini Sudah Jadi Pasien IMF

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 dengan tema

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ekonomi pada 2024 tidak mudah untuk dilewati. Ada berbagai persoalan yang harus dihadapi dengan strategi yang cepat dan tepat.

Jokowi menceritakan pertemuan terakhirnya dengan Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva. Disebutkan bahwa kini ada 96 negara jadi pasien IMF

“Saat bertemu https://138kas.info/ dengan Managing Director IMF ini sudah pula pernah saya sampaikan 96 negara masuk jadi pasien,” terang Jokowi dalam acara seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 di Hotel St Regis, Jakarta, Jumat (22/12/2023)

Data lainnya, anggota ADB yang sebanyak 57 negara, lebih dari setengahnya alami situasi fiskal yang berat. “Anggota ADB 57 negara 32 negara kondisi ekonomi keuangan fiskal juga sangat berat,” paparnya

Meski demikian, Jokowi tetap optimis ekonomi Indonesia bisa melaju kencang pada tahun depan. Modal yang kuat hingga saat ini, antara lain pertumbuhan ekonomi 5%,, inflasi di bawah 3% dan neraca perdagangan yang surplus 43 bulan beruntun.

“Memasuki 2024 ini kita tidak punya alasan untuk tidak optimis,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*